Bukber Akbar Di Masjid Asy-Syarif

Ahad, 19 Mei 2019 M/14 Ramadhan 1440 H
Ramadhan 1440 H di Masjid Asy- Syarif setiap hari menjelang magrib Alhamdulillah selama bulan Ramadhan ini dilaksanakan buka bersama dengan santapan yang manis-manis dan makanan ringan ala kadarnya, sekedar melepas dahaga dan mengambil Sunnahnya.


Kegiatan ini sudah dilaksanakan setiap bulan ramadhan.
Saat ini adalah sudah ramadhan yang ke tiga kalinya dilaksanakan buka bersama.
Karena masjid Asy Syarif mulai berdiri dan dipakai untuk kegiatan shalat berjamaah dan juga kegiatan Ramadhan sejak ramadhan tahun 1438 H yang lalu.
Setiap tahunnya di masjid ini pada bulan ramadhan disamping dilaksanakan buka bersama selama bulan ramadhan juga ada satu hari yang di setting untuk kegiatan Buka Bersama Akbar (Bukber Akbar).
Karena khusus Bukber Akbar ini di ikuti hampir seluruh warga jamaah Masjid Asy Syarif yg di undang untuk ikut bukber.
Sebenarnya diundang itu hanya untuk mengingatkan saja, walaupun yang tidak diundang juga tetap datang karena sebelumnya sudah diumumkan lewat mikropun.
Buka puasa bersama di bulan Ramadhan adalah momen yang sangat penting dan telah menjadi budaya masyarakat muslim Indonesia,
semua kelompok dari lapisan masyarakat, mulai dari kelas atas, kelas menengah, dan kelas bawah, melakukan "Bukber" di hotel, restoran sampai tiap masjid.
Budaya buka puasa bersama sekaligus silaturrahim sangat baik.
Sebelum buka bersama diisi kultum oleh Abdul Qohar Ismail pengurus Masjid Asy Syarif. Setidaknya melalui medium buka puasa bersama di bulan Ramadhan mempunyai beberapa hikmah atau manfaat yang menarik.


Pertama, wahana silaturrahim sesuai yang tercantum di dalam al-Qur’an Surat An-Nisa, ayat 1, yang artinya:

“Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu yang telah menciptakan kamu dari diri yang satu, dan daripadanya Allah menciptakan isterinya; dan daripada keduanya Allah memperkembang biakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturrahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu”


Kedua, mendekatkan dan mengakrabkan hubungan antara satu dengan yang lainnya serta mencairkan ketegangan, semuanya bisa saling bersapa, duduk bersama sambil berbincang dan bukber ini.

Ketiga, penyebab lapangnya Rizki dan umur panjang. Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :


مَنْ سَرَّهُ أَنْ يُبْسَطَ لَهُ فِي رِزْقِهِ أَوْ يُنْسَأَ لَهُ فِي أَثَرِهِ فَلْيَصِلْ رَحِمَهُ

“Barang siapa yang ingin dilapangkan rizkinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah ia menyambung tali silaturahmi”. [Muttafaqun ‘alaihi].


Buka puasa bersama sambil bersilaturrahim, kita  bisa saling mendoakan, saling berbagi perasaan atau curhat, sehingga meredakan ketegangan psikis, karena sejenak melupakan persoalan yang dihadapi. Sehingga Rizki bertambah dan umur semakin panjang.


Keempat, membuka jalan masuk surga, Disebutkan dalam Shahîh al-Bukhâri dan Shahîh Muslim, dari Abu Ayyûb al-Anshârî:

أَنَّ رَجُلًا قَالَ : يا رَسُولَ اللَّهِ أَخْبِرْنِي بِمَا يُدْخِلُنِي الْجَنَّةَ وَيُبَاعِدُنِي مِنَ النَّارِ فَقَالَ النَّبِيُّ : لَقَدْ وُفِّقَ أَوْ قَالَ لَقَدْ هُدِيَ كَيْفَ قُلْتَ ؟ فَأَعَادَ الرَّجُلُ فَقَالَ النَّبِيُّ : تَعْبُدُ اللَّهَ لَا تُشْرِكُ بِهِ شَيْئًا وَتُقِيمُ الصَّلَاةَ وَتُؤْتِي الزَّكَاةَ وَتَصِلُ ذَا رَحِمِكَ فَلَمَّا أَدْبَرَ قَالَ النَّبِيُّ : إِنْ تَمَسَّكَ بِمَا أَمَرْتُ بِهِ دَخَلَ الْجَنَّةَ

“Bahwasanya ada seseorang berkata kepada Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam : “Wahai Rasulullah, beritahukan kepadaku tentang sesuatu yang bisa memasukkan aku ke dalam surga dan menjauhkanku dari neraka,” maka Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Sungguh dia telah diberi taufik,” atau “Sungguh telah diberi hidayah, apa tadi yang engkau katakan?” Lalu orang itupun mengulangi perkataannya. Setelah itu Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Engkau beribadah kepada Allah dan tidak menyekutukannya dengan sesuatu pun, menegakkan shalat, membayar zakat, dan engkau menyambung silaturahmi”. Setelah orang itu pergi, Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Jika dia melaksanakan apa yang aku perintahkan tadi, pastilah dia masuk surga”.


Ini beberapa hikmah dan manfaat yg akan kita peroleh, sehingga kehidupan keta semakin indah, bermakna dan harmonis.
Wallahu Khoirul musta'an
Wallahu a'lam bis showab

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bukber Akbar Di Masjid Asy-Syarif"

Posting Komentar