Ucapan Salam Saat Masuk Rumah

    Ucapan Salam Saat Masuk Rumah



Tuntunan dalam Islam begitu komplek dan rinci dalam berbagai hal, mulai dari bangun tidur sampai mau tidur lagi. Seperti ketika seseorang yang mau memasuki rumah juga dianjurkan untuk mengucapkan salam.  Karena dalam rumah itu ada penunggunya/penghuninya walaupun rumah itu tidak ada orang didalamnya.  Sesuai dengan firman Allah SWT dalam surat An Nuur ayat 61 yaitu :
 

فَإِذَا دَخَلْتُمْ بُيُوتًا فَسَلِّمُوا عَلَى أَنْفُسِكُمْ تَحِيَّةً مِنْ عِنْدِ اللَّهِ مُبَارَكَةً طَيِّبَةً كَذَلِكَ يُبَيِّنُ اللَّهُ لَكُمُ  الْآيَاتِ لَعَلَّكُمْ تَعْقِلُونَ
Artinya:
Maka apabila kamu memasuki (suatu rumah dari) rumah-rumah (ini) hendaklah kamu memberi salam kepada (penghuninya yang berarti memberi salam) kepada dirimu sendiri, salam yang ditetapkan dari sisi Allah, yang diberkahi lagi merupakan kebaikan. Demikian Allah menjelaskan ayat-ayat-Nya bagimu, agar kamu memahaminya (QS. An Nur:61).

Ucapan salam ketika di dalam rumah itu ada orangnya walaupun hanya ada satu orang pun maka ucapan salam itu adalah : 
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Ucapan salam ketika memasuki rumah sedangkan di rumah itu tidak ada orang sama sekali, bagaimana salam yang kita ucapkan. berdasarkan ayat al-Qur'an Surat an-Nur ayat 61 tersebut kita juga masih diperintahkan untuk mengucapkan salam. Adapun ucapan salamnya adalah  : 

  السلام علينا وعلي عباد الله الصالحين 

salam ini juga untuk diucapkan apabila kita tahu dalam rumah itu ada orang akan tetapi kita yakin bahwa orang yang ada dalam rumah itu bisa kita pastikan tidak akan menjawab salam kita, mungkin karena orang yang dalam rumah itu lagi tidak suka dengan kita yang baru masuk rumah ini, atau mungkin yang di dalam rumah itu hanya ada istri kita saja tapi kita tahu dia lagi marah dengan kita  yang baru pulang sedang kita tahu dia lagi marah dengan kedatangan kita. dari pada nanti tidak dijawab malah di dapat dosa, dan kita jadi sebab timbulnya dosa dari istrinkita tadi. maka sebaiknya kita ucapkan :

السلام علينا وعلي عباد الله الصالحين

Di saat kita masuk rumah dan menguacpkan salam maka syaithan tidak akan menginap di dalam rumah tersebut. sebagaimana hadits dari Jabir bin Abdillah Radhiallahu'anhu. Nabi Muhammad SAW bersabda dalam suatu haditsnya: 

إِذَا دَخَلَ الرَّجُلُ بَيْتَهُ، فَذَكَرَ اللهَ عِنْدَ دُخُولِهِ وَعِنْدَ طَعَامِهِ، قَالَ الشَّيْطَانُ: لَا مَبِيتَ لَكُمْ، وَلَا عَشَاءَ، وَإِذَا دَخَلَ، فَلَمْ يَذْكُرِ اللهَ عِنْدَ دُخُولِهِ، قَالَ الشَّيْطَانُ: أَدْرَكْتُمُ الْمَبِيتَ، وَإِذَا لَمْ يَذْكُرِ اللهَ عِنْدَ طَعَامِهِ، قَالَ: أَدْرَكْتُمُ الْمَبِيتَ وَالْعَشَاءَ


Artinya:

Jika seeorang memasuki rumahnya, maka hendaknya berzikir kepada Allah SWT, ketika masuk rumah dan juga ketika ia makan (di rumah). Maka setan akan berkata (teman-temannya) "Tidak ada tempat menginap bagi kalian dan tidak ada makanan malam bagi kalian" . Jika seseorang memasuki rumahnya tanpa berzikir kepada Allah SWT, maka setan akan berkata (kepada teman-temannya) "Ada tempat menginap bagi kalian". Jika ia tidak berzikir ketika mau makan, maka setan akan berkata (kepada temen-temannya) "Ada tempat menginap dan ada makanan untuk kalian" (HR. Muslim).


 Semoga kita bisa semakin hari terus mampu untuk berusaha melaksanakan ajaran Islam ini semakin lebih baik amiin.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ucapan Salam Saat Masuk Rumah"

Posting Komentar