Bacaan Tahiyyat Awal dan Akhir dalam Shalat

 

Bacaan Tahiyyat Awal dan Akhir Dalam Shalat



Shalat adalah ibadah yang yang diawali dengan takbirotul ihram dengan bacaan bacaan tertentu dan gerakan tertentu yang diakhiri dengan salam. Pada setiap gerakannya ada bacaan bacaan tertentu yang untuk dibaca begitu juga dalam bacaan pada tahiyyat awal lebih pendek dari pada tahiyyat akhir. Berikut ini bacaannya.

Bacaan Tahiyyat Awal yang bisa kita baca adalah :

 

التَّحِيَّاتُ الْمُبَارَكَاتُ الصَّلَوَاتُ الطَّيِّبَاتُ ِللهِ السَّلاَمُ عَلَيْكَ أَيُّهَا النَّبِىُّ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ السَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اللهِ الصَّالِحِينَ , أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللهِ , اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ

At'tahiyyaatul mubaarakaatush shalawaatuth thoyyi baatulillaah. As-salaamu'alaika ayyuhannabiyyu wa rahmatullaahi wabarakaatuh, assalaamu'alaina wa'alaa ibaadillaahishaalihiin. Asyhaduallaa ilaaha illallaah, wa asyhadu anna muhammadar rasuulullooh. Allaahumma shalli'alaa sayyidinaa Muhammad.

 

Artinya: Segala kehormatan, dan keberkahan, kebahagiaan dan kebaikan itu punya Allah. keselamatan atas engkau wahai Nabi Muhammad. Demikian pula rahmat engkau dan berkahnya. Keselamatan dicurahkan pula untuk kami dan atas seluruh hamba Allah yang shaleh - shaleh. Aku bersaksi bahwa tidak ada tuhan melainkan Allah. Dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah. Ya Allah! Limpahkanlah rahmat Mu kepada Nabi Muhammad.

 

Bacaan Tahiyyat Akhir yang kita baca adalah :

 

التَّحِيَّاتُ الْمُبَارَكَاتُ الصَّلَوَاتُ الطَّيِّبَاتُ ِللهِ السَّلاَمُ عَلَيْكَ أَيُّهَا النَّبِىُّ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ السَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اللهِ الصَّالِحِينَ , أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللهِ , اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ ، وَعَلَى آلِ سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ، كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى سَيِّدَنَا إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدَنَا إِبْرَاهِيمَ ،وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ ، وَعَلَى آلِ سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ ، كَمَا بَارَكْتَ عَلَى سَيِّدَنَا إِبْرَاهِيمَ ، وَعَلَى آلِ سَيِّدَنَا إِبْرَاهِيمَ ،  فِى الْعَالَمِيْنَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ

At'tahiyyaatul mubaarakaatush shalawaatuth thoyyi baatulillaah. As-salaamu'alaika ayyuhannabiyyu wa rahmatullaahi wabarakaatuh, assalaamu'alaina wa'alaa ibaadillaahishaalihiin. Asyhaduallaa ilaaha illallaah, wa asyhadu anna muhammadar rasuulullooh. Allaahumma shalli'alaa sayyidinaa Muhammad. Wa'alaa aali sayyidinaa Muhammad. Kamaa  shallaita  alaa sayyidina Ibroohiim wa alaa aali sayyidina Ibroohiim. Wabaarik'alaa sayyidina Muhammad wa alaa aali sayyidina Muhammad. Kamaa baarokta alaa sayyidina Ibroohiim wa alaa aali sayyidinaa Ibroohiim fil'aalamiina innaka hamiidum majiid.

 

Artinya : Segala kehormatan, dan keberkahan, kebahagiaan dan kebaikan itu punya Allah. keselamatan atas engkau wahai Nabi Muhammad. Demikian pula rahmat engkau dan berkahnya. Keselamatan dicurahkan pula untuk kami dan atas seluruh hamba Allah yang shaleh - shaleh. Aku bersaksi bahwa tidak ada tuhan melainkan Allah. Dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah. Ya Allah! Limpahkanlah rahmat Mu kepada Nabi Muhammad. Ya Allah! limpahkanlah rahmat atas keluarga Nabi Muhammad sebagaimana telah Engkau beri rahmat kepada Nabi Ibrohim dan keluarganya. Dan limpahkanlah berkah atas Nabi Muhammad beserta para keluarganya. sebagaimana Engkau telah memberi berkah kepada Nabi Ibroohiim dan keluarganya. Bahwasanya Engkau Tuhan yang sangat terpuji lagi sangat Mulia diseluruh alam.


Wallahu a'lam bis shawab


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bacaan Tahiyyat Awal dan Akhir dalam Shalat"

Posting Komentar